Memelihara Anjing Mini

9 05 2008


JAKARTA – Anjing-anjing mini seperti chihuahua, peking, pudel, atau mini pincher tampilannya imut banget. Tak ada kesan seram atau pun galak. Malah orang yang suka anjing pasti merasa gemes jika melihatnya. Apalagi kalau menyalak, suaranya itu seperti anak anjing. Jadi, orang bukan takut tapi geregetan. Anjing mini bukan anjing kuntet karena penyakit. Tapi memang adanya begitu. Dan mengapa bisa terjadi? Jawaban yang paling gampang adalah pembiakan.

Kapan mereka hadir di dunia dan mengapa satu sama lain berbeda dari segi fisik? Kata pakar, mereka telah hadir di bumi sejak jutaan tahun yang lalu. Menurut para ahli, anjing berasal dari dua hewan liar yang dalam banyak hal mirip satu sama lain yakni, serigala dan jackal. Anjing pertama yang hidup, konon berasal dari jackal sebagai induknya dan serigala sebagai jantannya.
Sementara pakar lain menyebutkan bahwa anjing itu berasal dari satwa yang mirip serigala dan bukan berasal dari serigala murni. Ini akhir dari jawaban bahwa rupa-rupanya tak seorang pun tahu dari mana asal-usul anjing yang sesungguhnya.Yang kita tahu secara pasti bahwa ribuan tahun yang lalu manusia menjinakkan anjing liar dan membawanya ke rumah.
Di kala itu yang disebut rumah adalah sebuah gua-gua alam. Anjing ”bertugas” menjaga gua, dan berburu bersama tuannya. Bukti yang penting yakni ditemukannya di dalam gua pada zaman batu, tulang belulang manusia dan anjing terserak bersama. Menurut para ahli purbakala, itu terjadi pada masa prasejarah, persisnya periode sebelum sejarah yang tertulis dimulai. Kabarnya pertemuan antara manusia dan anjing ini terjadi di pertemuan dua benua Eropa dan Asia yang disebut benua Eurasia. Waktunya sekitar 12.000 sampai 14.000 tahun lalu.
Anjing-anjing merupakan hewan liar yang pertama dipelihara manusia. Binatang liar ini diduga kerap mendekati manusia untuk mendapatkan sisa buruannya. Manusia membiarkan saja binatang liar itu berada di perkemahan atau gua tempat tinggal mereka, karena binatang berkaki empat ini memperingati manusia bila ada yang mendekat. Begitu teori yang diajukan para ahli sejarah anjing.
Manusia pun memanfaatkan anjing-anjing ini untuk meringankan kehidupannya. Contohnya masa kini masih bisa dilihat di Alaska. Anjing-anjing dilatih untuk menarik kereta salju. Di peternakan Australia dan Selandia Baru anjing-anjing dilatih menggiring ternak.

Hasil Pembiakan
Selain itu manusia juga mengawinkan anjing-anjing. Hasil yang berubah membuat eksperimen ini terus berlanjut. Hasilnya, jika asal muasal anjing dari satu jenis atau dua hewan liar, sangat bervariasi. Anjing yang terkecil, Chihuahua beratnya ada yang tidak sampai satu kilogram. Sedangkan anjing yang terberat St Bernard atau dari turunan mastiff beratnya bisa mencapai hampir 70 kilogram.
Pembiakan selektif telah menghasilkan berbagai bentuk anjing. Ada yang telinganya tegak dan lainya bertelinga jatuh. Ada yang moncongnya monyong dan lainnya pesek luar biasa. Paling aneh mungkin daschund. Anjing ini masuk anjing mini. Bentuk badannya panjang dan kaki-kakinya sangat pendek sehingga tidak proporsional kelihatannya. Daschund dikembangkan di Jerman dan disebut sebagai anjing pemburu binatang pengerat yang hidup di terowongan dalam tanah. Daschund tingginya antar 18-25 centimeter dan beratnya 5,5 – 20 kilogram. Daschund yang mini beratnya tidak sampai 5 kilogram.
Hasil aneh lainnya adalah anjing Shar pei dari Cina. Anjing ini memiliki kerut-kerut kulit yang tebal hingga tampak seperti kain lusuh yang berjalan. Anjing-anjing seperti ini, termasuk anjing Dalmatian, anjing putih bertutul hitam yang populer lewat film anak-anak Hollywood, termasuk keturunan anjing yang sudah tidak menentu lagi. Jenis ini termasuk Bulldog dan Chow-chow.

SH/Tinnes Sanger
Anjing pun perlu perawatan rambut. Apalagi jika jenisnya berbulu panjang, agar tidak kusut dan kulitnya bersih dari kutu.
Istimewa
Anjing peking asli berbulu lebat. Bentuknya yang buntek, membuatnya menjadi lucu.

Anjing dan Kita
Anjing mini jarang dibawa jalan oleh tuannya. Anjing ini sejak kecil tak terbiasa dirantai. Mungkin karena kecil dan dianggap tak berbahaya. Jadi jika dilepas di luar boleh jadi hilang. Risiko tertabrak kendaraan besar sekali. Makanya di perumahan elit, di mana anjing-anjing sering dijumpai, tak pernah terlihat jalan-jalan sore. Lazimnya mereka berada di balik pagar saja. Atau main-main di ruang tamu dan tempat tidur sekalian menemani bobo pemiliknya.
Cerita yang menarik adalah ketika manusia mulai menulis tentang pekerjaan yang ia lakukan, ia sering menyebut-nyebut nama anjing. Dalam sejarah Mesir Kuno, orang Mesir sering memakai anjing besar seperti greyhound untuk berburu binatang.
Sampai kini bahkan anjing greyhound selain digunakan sebagai anjing balap, juga untuk lambang perusahaan bus terbesar di Amerika Serikat. Gambar-gambar anjing banyak juga ditemukan di makam-makam Mesir kuno 5000 tahun yang lalu.
Atau orang-orang Indian melukis anjing di gerabah mereka ratusan tahun yang lalu. Kemudian juga orang Ethiopia kuno pun menghormati anjing sedemikian rupa, yang pada suatu waktu mereka memilih seekor anjing sebagai raja mereka. Gonggongan anjing yang mereka dengar, mereka terjemahkan bersama lalu mereka lakukan pekerjaan yang telah mereka simpulkan dari gonggongan anjing itu.
Warga Yunani dan Romawi kuno, menurut data, juga suka memakai anjing untuk berburu atau dijadikan binatang kesayangan. Di zaman Pertengahan bahkan para bangsawan memelihara sekelompok anjing buruan (a group of hound dogs) untuk berburu kijang dan musang. Di era kini pun banyak kisah tentang anjing yang tak terhitung banyaknya yang telah ditulis mengenai kegunaan, kecerdikan, kesetiaan dan kepahlawanannya.
Di kota besar dan desa yang penduduknya non Muslim banyak ditemukan anjing berbagai ukuran, bentuk dan warna. Ada lebih 200 ras anjing dan berbagai macam galur yang berbeda dibandingkan dengan hewan lain. Ini disebabkan karena kedekatannya dengan manusia dan orang membiarkan jumlah anjing meningkat.

Geligi Tajam
Semua anjing memiliki badan yang padat dan kaki yang langsing. Anjing berukuran besar atau kecil, menurut data, tetap mempunyai jumlah tulang yang sama. Tiap-tiap kaki depan mempunyai lima cakar sedangkan kaki belakang empat.
Anjing adalah karnivora yang berarti pemakan daging. Makanan utamanya daging namun bisa pula biji-bijian maupun sejumlah sayuran yang diolah demikian rupa hingga dapat diterima oleh anjing. Sekarang ini cukup banyak perusahaan makanan anjing dan hewan kesayangan lain yang menjualnya dalam kaleng. Menurut labelnya sudah pasti kandungan gizinya memenuhi syarat.
Anjing punya geligi yang sangat tajam yang bisa digunakan untuk mengoyak-ngoyak daging dengan gampangnya, dan beberapa geligi lain untuk mengunyah. Hampir semua anjing mempunyai telinga yang besar, karena itu pemilik anjing yang mempunyai anjing berdaun telinga besar kadang memotong kuping anjing tersebut ke dokter hewan agar terkesan bagus.

Buta Warna
Menurut pakar, anjing ternyata tak dapat membedakan warna. Yang tampak, begitu kata ahli, hanya hitam, putih dan abu-abu. Di kulitnya tak ada lubang-lubang untuk perspirasi seperti pada manusia. Oleh karena itu jika dia kepanasan lidahnya dijulurkan keluar untuk perspirasi sehingga bisa menurunkan panas badan.
Anjing betina bunting sekitar 62 hari dan sekali melahirkan bisa beberapa ekor anak anjing . Anjing menjadi dewasa pada umur dua tahun dan dapat mencapai 10 atau 12 tahun, bahkan ada pula yang lebih dari itu. Yang membuat mereka bisa berumur panjang bukan cuma unsur makanan, tapi perhatian dari tuannya yang wajar.
Makanan yang kelebihan lemak atau kekurangan lemak, tak baik bagi kesehatannya. Apalagi bagi anjing-anjing mini yang kebutuhan makanannya tak begitu banyak. Pemberian yang pas atau sesuai anjuran dalam label makanan kaleng, sebaiknya diikuti. Sebab, itu standar gizi berdasarkan penelitian. Janganlah karena terlalu disayang, tiap kali si imut merengek diberi makanan. Dijamin bukan jadi sehat tapi malah penyakitan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: